About Me

Foto saya
InDah... menyebut dirinya sebagai ^SUPER GIRl^^....super girl just 4 InDah.... yang pastinya cewe...dengan tampilan apa adanya...(Kata InDah sendiri seeehhh :P )

Minggu, 03 Mei 2009

Kalimantan Jadi Ibukota Negara???siapkah???

Suatu hari saat pekerjaan sudah selesai, sambil menikmati santai saya mulai membaca koran...lumayanlah ngisi waktu daripada cuma ngomong ngga' karuan..^_^. Saat membuka lembar demi lembar halamannya..yang pasti yang saya baca adalah koran lokal tentunya..hingga saya tertarik dengan sebuah berita...di situ ditulis bahwa ada keinginan untuk menjadikan pulau kalimantan sebagai ibukota negara Indonesia.

Woooowww...saya langsung tertarik untuk melanjutkan berita tersebut hingga titik kalimat terakhirnya. Disitu ditulis bahwa ada keinginan untuk menjadikan pulau kalimantan sebagai ibukota negara karena pemikiran dari penelitian bahwa beberapa tahun mendatang permukaan air laut di pulau jawa akan semakin naik...hingga diprediksikan bahwa ibukota negara Indonesia tidak kondusif lagi apabila tetap berada di wilayah pulau jawa, khususnya Jakarta. Seperti kita liat sekarang ini, diberita-berita di televisi terlalu sering bahkan tidak hanya tiap tahun Jakarta selalu banjir. apalagi beberapa tahun ke depan. Mungkin aja Jakarta tidak hanya tergenang tapi bisa aja menjadi tenggelam. Di koran tersebut disebutkan bahwa, pulau yang relatif aman dari bencana adalah hanya pulau kalimantan. Tapi sayangnya, diberita tersebut tidak disebutkan kalimantan manakah yang berpotensi untuk dijadikan ibukota negara indonesia.

Sebagai orang yang berdomisili disalah satu bagian pulau kalimantan, tentu hal tersebut begitu menarik bagi saya. Memang benar selama ini kalimantan lebih sedikit terdengar mendapat musibah. Baik musibah banjir, tanah longsor, maupun gunung meletus. Meskipun sebenarnya kalimantan (khususnya kota banjarmasin sebagai ibukota dari propinsi kalimanatan selatan) berada dibawah permukaan air, namun alhamdulillah kota banjarmasin jauh dari berita banjir, meskipun sebenarnya masih sering tergenang namun tidak di semua kawasan karena genangan tersebut hanyalah dari air sungai yang pasang yang sifatnya hanya sebentar, kemudian air tersebut kembali lagi ke sungai(surut). Longsor sepertinya jauh, karena banjarmasin tidak mempunyai dataran tinggi. Begitu pula dengan gunung meletus, berhubung banjarmasin khususnya ataupun kalimantan selatan umumnya tidak terdapat gunung berapi karena wilayah disini mayoritas tanah rawa.

Kembali ke topik kalimantan dijadikan ibukota negara. Dalam pemikiran saya langsung terbersit, sanggupkah???saya pikir mungkin sanggup dan bisa, namun tentunya membutuhkan waktu yang panjang sekali, mungkin dalam satu periode presiden sekalipun belum tentu bisa rampung, kan periode nya cuma 5 tahun. Dalam 5 tahun tak mungkin bisa terlalu fokus dengan pemindahan ibukota negara. Setuju kah anda??saya akan mencoba membandingkan kenyataan yang ada sekarang ini, tak perlu jauh2, ini terjadi langsung di kota Banjarmasin sendiri. Dimana Gubernur Kal-Sel menginginkan ibukota Kal-Sel dipindahkan ke kota Banjarbaru, hingga hampir periode jabatan gubernur berakhir, toh masih belum rampung proses pemindahannya. Jangankan pemindahan, pembangunan kantornya saja masih jauh dari 100%. Apa yang terjadi seandainya Gubernur yang menjabat sekarang tidak terpilih lagi???apakah akan berubah lagi rencana yang telah ditetapkan sebelumnya??? Apalagi seandainya memindahkan sebuah ibukota negara???berapa lama waktu yang dibutuhkan???berapa periode pergantian presiden yang terjadi??ini tentunya hanya pemikiran saya sebagai orang yang awam. Mungkin tentunya ada pertimbangan dan pemikiran-pemikiran para pakar yang bisa merealisasikan semuanya dengan baik, benar dan tentunya cepat dan tepat sasaran.

Tapi dimanapun keberadaan ibukota negara, saya pribadi berharap negara kita tercinta ini bisa menjadi negara yan lebih baik untuk ke depannya. Lebih baik dari sisi manapun, baik dari sistemnya maupun Sumber Daya Manusianya. Semoga suatu saat itu bukan hanya menjadi harapan namun menjadi kenyataan. HIDUP INDONESIA!!!

1 komentar:

Yadi Saja mengatakan...

mendukung banget mbak.............