About Me

Foto saya
InDah... menyebut dirinya sebagai ^SUPER GIRl^^....super girl just 4 InDah.... yang pastinya cewe...dengan tampilan apa adanya...(Kata InDah sendiri seeehhh :P )

Jumat, 15 Mei 2009

Tugas Baru, Untuk Dinas Baru

Suatu hari saat baru pulang dari hang out bareng temen, hujan turun dengan derasnya, mengguyur kota Banjarmssin. Seperti biasa, kalau hujan sudah turun jalanan pasti banyak yang macet. Akhirnya kami mencari alternative jalan yang sekiranya tidak terlalu macet. Kami memutuskan untuk melawati jalan sekitar pasar sudimampir. Alhasil, bukannya malah terhindar dari macet justru terkurung ditempat yang tambah macet. Macet karena genangan air yang begitu tinggi hingga para pengendara berusaha menghindari genangan air sepanjang jalan tersebut. Saya smpai takjub melihatnya. Alangkah buruknya sistem drainase di kota yang saya cintai ini. Baru hujan lebat sedikit saja, genangan air sudah merambah kemana-mana. Pembangunan kota yang semakin meningkat, jumlah penduduk yang semakin banyak, kendaraan bermotor yang semakin merajalela seperi jalan tak cukup lagi untuk dilalui. Kota yang bukan semakin indah namun malah menjadi semakin semrawut dibeberapa sudutnya. Sungai yang semakin menghilang di telan jalan dan bangunan. Alangkah mirisnya. Mungkin pembangunan dan kemajuan juga semakin pesat tetapi masih kurang diimbangi dengan tata kota yang lebih baik, ini memang hanyalah menurut pandangan saya.

Akhirnya Pemko Banjarmasin dengan adanya SOTK yang baru membentuk Dinas yang baru, yakni salah satunya adalah Dinas Sungai dan drainase. Dengan harapan adanya dinas ini dapat membantu pemko menata kota Banjarmasin menjadi lebih baik, kota yang benar-benar BUNGAS kata orang Banjar. Kota yang tertata, kota yang indah, kota yang bersih, kota yang jauh dari genangan air apalagi sampai banjir. Dinas baru dengan tugas baru. Tugas yang diemban begitu menantang untuk mendapat bukti bahwa dinas ini benar-benar akan berfungsi dengan baik. Tidak hanya slogan saja. Tidak hanya setengah-setengah. Yang diharapkan begitu besar, dinas ini dapat menghidupkan sungai-sungai kota banjarmasin yang semakin sedikit, sesuai dengan fungsinya. Sungai sebagai penyeimbang ekosistem kehidupan masyarakat, bukan sungai menjadi tempat sampah masyarakat. Dengan sungai, kota Banjarmasin dapat terkenal, sungai yang masih alami namun tertata, bukan terkenal dengan sungai buatan. Semoga harapan yang diembankan dapat dijalankan sesuai dengan yang diinginkan. Kota Banjarmasin tetap menjadi kota Seribu Sungai di masa akan datang, bahkan dengan diberdayakannya sungai-sungai yang masih ada, Kota Banjarmasin dapat menjadi Venesia Indonesia.

Tidak hanya sungai, sistem drainase pun menunggu untuk di perbaiki, agar kota Banjarmasin tidak lagi tergenang ketika hujan mulai mengguyur dengan derasnya. Sehingga dengan turunnya hujan warga akan merasa bahwa hujan adalah membawa berkah dan anugerah, bukan membawa musibah.

Sebagai warga masyarakat kota Banjarmasin, mari kita dukung dan pelihara sungai-sungai kita yang masih ada, dengan satu tujuan dapat menjadi warisan kehidupan untuk anak cucu kita kelak di masa mendatang. Karena sungaiku adalah sumber hidup kota ku. JAGALAH!!!

Tidak ada komentar: