About Me

Foto saya
InDah... menyebut dirinya sebagai ^SUPER GIRl^^....super girl just 4 InDah.... yang pastinya cewe...dengan tampilan apa adanya...(Kata InDah sendiri seeehhh :P )

Minggu, 14 Februari 2010

Fenomena Upin dan Ipin




Sekarang siapa yang tidak tau dengan Upin dan Ipin???tokoh kartun di atas berasal dari negeri Jiran Malaysia yang merambah Indonesia dengan cerita-cerita lucunya. Mulai dari anak kecil sampai orang dewasa pasti tau dengan si Upin dan Ipin ini. Disetiap episodenya pasti tersirat atau mengajarkan hal-hal baik, jauh seperti kartun-kartun lain yang kebanyakan bernilai kekerasan meskipun disamarkan sebagai sosok pahlawan. Paling tidak Upin dan Ipin memiliki nilai positif dan nilai tambah tersendiri bagi penikmatnya.

ni si Upin dan Ipin ^_^






Sambil mengingat kemasa lalu, masih ingatkan anda dengan serial unyil???yang dulunya hanya ada di TVRI, satu-satunya stasiun televisi yang ada di Indonesia, meskipun hanya boneka yang didubber, namun unyil sangat menghibur anak-anak pada masa itu di era tahun 90an ke bawah. Sering munculnya stasiun televisi swasta, maka nasib si Unyil pun mulai tergeser dan akhirnya menghilang dalam hitungan puluhan tahun, sampai akhirnya Unyil muncul kembali distasiun televisi swasta dengan format sesuai kemajuan jaman hingga muncullah “laptop si Unyil”, tetapi saya rasa ceritanya jauh berbeda dengan cerita Unyil di masa lalu. Unyil sekarang terlalu modern ^_^


unyil tempo doeloe ^_^






Kembali lagi kepada cerita Upin dan Ipin yang semakin fenomenal, meskipun masih memakai logat melayu khas negeri Jiran yang diberikan teks terjemahnya dalam Bahasa Indonesia, Upin dan Ipin tetap sangat menarik untuk diliat semua kalangan. Karena terlalu seringnya meliahat serial Upin dan Ipin setiap hari diTV yang ceritanya selalu terulang-ulang maka anak-anak sekarang mulai mahir berbahasa melayu sedikit demi sedikit. Tidak kah terpikir oleh kita, mengapa kita juga tidak memproduksi kartun sejenis khas Indonesia??tentulah saya pikir animator-animator di Indonesia tidak kalah hebatnya dengan animator Malaysia. Tak usahlah jauh-jauh mencari sosok kartun yang pas, kartunkan saja si Unyil yang sudah familiar dimasyarakat, akan kah lebih mudah untuk diterima. Sambil memberi pelajaran Bahasa Indonesia yang baik dan benar kepada anak-anak, menampilkan hal-hal yang bermanfaat melalui prilaku Unyil dan teman-teman, sedikit banyaknya dengan tampilan animasi akan membantu anak-anak sekarang belajar bahasa dan prilaku yang baik lebih dan mudah, karena tidak hanya dari sekolah saja, tetapi juga melalui tontonan yang positif, dimana sekarang untuk tontonan yang bermanfaat bagi anak-anak amatlah sulit disaksikan ditelevisi.

Unyil Modern ^_^







Hmmm..ini hanyalah hayalan saya kembali, terinspirasi dari serial Upin dan Ipin yang begitu merakyat sekarang ini di Indonesia secara umum dan Banjarmasin pada khususnya. Saya Ingin menghayal lagi…seandainya saya bisa membuat animasi alangkah indahnya hayalan ini bisa terwujudkan. Hidup Unyil si Boneka Indonesia ^_^

4 komentar:

Nova Imoet mengatakan...

kesedrhanan dan lucu yang ditampilkan..
makanya penontonnya juga banyak...

aap mengatakan...

Saya senang nonton unyil dibanding upin ipin..karena lebih mendidik dan banyak hal yang baru yg bisa kita ketahui.

InDaH mengatakan...

@nova>ya..tp bgmn dgn unyil???

@om aap>bener2...^_^

SUHAIDA mengatakan...

salam berkenalan..
suahidasupalio.blogspot.com